Keramat Jati Makam Sunan Geseng

Pernahkah anda mendengar kisah Pangeran Bunnabrang atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sunan Geseng? Sunan Geseng merupakan salah satu murid Sunan Kalijaga yang sakti mandraguna. Ketokohan dan kesaktian Sunan Geseng yang tak terbantahkan, membuat makam beliau hingga saat ini amat sangat dikeramatkan.

Makam Sunan Geseng terletak di Dukuh Suro, Desa Seren, Kecamatan Sulang. Makam tersebut hingga saat ini kerap didatangi para peziarah baik dari dalam maupun luar kota Rembang. Umumnya mereka yang datang ke tempat tersebut berharap mendapatkan berkah dari sang sunan melalui ranting kering atau daun kering pohon jati yang berdiri di dekat makam.

Di komplek makam Sunan Geseng berdiri kokoh pohon jati raksasa. Pohon itu sangat dikeramatkan. Konon, ranting dan daun keringnya bisa mendatangkan berkah yang tiada terkira.

Umur pohon itu diperkirakan sudah mencapai ratusan tahun. Sejauh ini warga tidak ada yang tahu pasti kapan pohon jati itu mulai tumbuh. Menurut cerita yang beredar di masyarakat setempat, pohon jati itu mula-mula sudah ada di dekat makam Sunan Geseng.

Seluruh bagian dari pohon Jati tersebut dipercaya warga sebagai sesuatu yang keramat. Seperti ranting kering dan daun kuning yang jatuh pun oleh warga dianggap mempunyai tuah. Kepercayan itu bermula dari keanehan yang terjadi selama ini.

Kabarnya, setiap ranting maupun daun kering yang jatuh dari jati keramat itu, tak sampai menyentuh tanah. Ranting dan daun jatuh tersebut menghilang entah ke mana sebelum sampai ke bumi. Karenanya, areal pemakaman Sunan Geseng yang berada di bawah naungan pohon tua itu senantiasa bersih.
Hingga saat ini, di makam Sunan Geseng sering dijumpai pemandangan orang duduk bersila di bawah pohon jati tua tersebut. Bagi para pemburu berkah, kejatuhan ranting atau daun keringnya diyakini sebagai pertanda akan mendapatkan rezeki yang lumintu (terus-menerus).

Namun, tidak sembarang orang dapat kejatuhan ranting atau daun kering jati kuno tersebut. Hanya orang yang berhati bersih dan yang beruntung atau mendapatkan pulung saja yang dapat kejatuhan bagian tubuh dari pohon tersebut.

Menurut cerita yang berkembang, pohon jati itu bukan sembarang jati. Dulunya, pohon itu hanyalah sebuah gayung yang biasa dipakai Sunan Kalijaga mengambil air wudlu. Ketika itu, gayung tersebut biasa dicantolkan di tonggak yang menacap di tanah. Seiring berjalannya waktu, gayung itu berubah menjadi pohon jati.

Aneh memang. Namun, kenyataannya sudah banyak orang yang kejatuhan ranting atau daun jati tersebut mendadak sepanjang hidupnya berlimpah berkah. Kabar itu beredar dan berkembang dari mulut ke mulut. Dan walhasil, peziarah yang datang dari waktu ke waktu semakin bertambah banyak.

Kisah asal usul pohon jati keramat di makam sunan Geseng sampai sekarang masih tertanam secara turun-temurun bagi warga masyarakat setempat. Karena itu pohon keramat tersebut tetap dibiarkan tumbuh dengan merimbun. Hingga kini tidak ada masyarakat yang berani mengusiknya, apalagi sampai berani menebang.

Kalaupun ada pengunjung yang tergiur ingin mendapatkan ranting atau daunnya dengan cara menggothek atau memotongnya, di tempat tersebut sangat ditabukan. Apabila mereka nekat, dipastikan mereka tidak bakalan mendapatkan berkah, melainkan petaka yang didapat. Lantas siapakah sejatinya Sunan Geseng? Bersambung….(Rom)

Comments

  1. MAKAM SUNAN GESENG ADA DI KOTA KEDIRI
    Alama Kampung Dalem Kota Kediri
    mana yang asli

    KH Faturahman Yusuf Iskandar ( Gus Yusuf )
    Majelis Dzikurohmah Kota Kediri

    ReplyDelete
  2. Majelis Ta'lim Dzikurohmah Sunan Geseng
    Amir Wakil Jamaah


    KH Faturagman Yusuf Iskandar

    ReplyDelete
  3. klenik dan khurafat,salah satu penyebab kemunduran
    umat.

    ReplyDelete
  4. makam sunan geseng yg asli dimana????

    ReplyDelete
  5. makam sunan geseng yang asli ada di jogja. hal ini telah "diakui internasional" silahkan check di wikipedia.

    ReplyDelete
  6. dendy fayan diana18 January 2012 at 22:55

    ya bemer bgt yg asli makam sunan geseng di jogja..?

    ReplyDelete
  7. hey semuuuaaaa...
    Makam sunan geseng ada di MONAS jakarta pusat.

    ReplyDelete
  8. ananging kula kok nate mireng, makamipun kanjeng sunan geseng wonten gunung titro,grabag,magelang nggih................?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sayyid Hamzah as-Syato, Penyebar Islam di Sedan

Jual Mukena Shalat Berkualitas

Segarnya Siwalan dan Legen Sulang