Perpustakaan Inggris Online-kan Qur’an Kuno

Sebuah Al-Quran berumur 700 tahun, dapat kita lihaalquran1t secara online di internet. Perpustakaan Nasional Inggris menayangkannya dalam situs internet bersama beberapa kitab suci kuno agama lain.

Al-Quran dari abad ke-14 Masehi itu, dapat kita simak di www.bl.uk/collections/treasures/treasures.html#.  Al-Quran kuno yang dikenal dengan nama Qur’an Sultan Baybar tersebut, ditulis dengan tinta emas pada 1304-1306 atas perintah Sultan Rukn al-Din Baybars al-Jashnagir dari Dinasti Mamluk, penguasa Mesir saat itu.



Tulisan kitab suci tersebut merupakan hasil karya terbaik dari jamannya dan dibuat secara terpisah dalam tujuh buku. Sebuah karya agung untuk menggungkan wahyu agung tersebut, menjadi sesuatu yang yang menakjubkan yang saat ini dapat dengan mudah kita akses melalui piranti dunia maya.


Perpustakaan Nasional Inggris menampilkan Al-Quran kuno tersebut dalam bentuk 3D interaktif menggunakan program Shockwave. Dengan program ini, kita dapat membolik-balik halaman Al-Quran dengan hanya mengklik tombol navigasi sesui selera kita.


Tiap-tiap halaman dilengkapi dengan keterangan dalam teks Bahasa Inggris yang juga dapat ditampilkan dengan suara berdialeg British English yang kental.


Tiap-tiap halaman juga dapat di-zoom dengan cukup mengklik halaman tersebut. Tampilan yang lebih besar, akan tampil di sebelah kanan layar lengkap dengan pilihan suara yang akan membacakan surat-surat pada halaman tersebut.


Biar tak penasaran, anda bisa langsung membuktikan sendiri. Pasti, sesuatu yang menakjubkan akan segera anada temui di situs tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Sayyid Hamzah as-Syato, Penyebar Islam di Sedan

Segarnya Siwalan dan Legen Sulang

Jual Mukena Shalat Berkualitas