600 Juta Rupiah, Untuk Tangkal Abrasi

Abrasi pantai di wilayah Kabupaten Rembang terus mendapat perhatian serius dari Pemkab. Di wilayah Sarang misalnya, abrasi yang terjpetangadi sudah menghawatirkan.



Untuk mengatasi hal tersebut, Pemkab menggelontorkan bantuan senilai kurang lebih Rp 600 juta untuk pembangunan talut pantai. Dana bantuan tersebut, disalurkan secara langsung kepada warga Desa Bajing Meduro, Kecamatan Sarang melalui Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Rembang. Demikian dikatakan Kabag Kemasyaratan Pemkab Rembang, Soebagyo.



Diharapkan, dengan bantuan tersebut masyarakat dapat mengelola sendiri pembuatan talut untuk meredam abrasi pantai yang sudah semakin parah. Selain bantuan untuk pembuatan talut, Pemkab juga menggulirkan bantuan sosial kepada warga yang menjadi korban abrasi.

Pemkab telah menganggarkan bantuan sosial untuk penanganan abrasi tersebut. Besarannya kurang lebih mencapai Rp 20 juta. Dana tersebut disalurkan kepada 43 kepala keluarga yang menjadi korban abrasi.

Selain anggaran yang bersumber dari APBD, usaha penanganan abrasi juga mendapat kucuran bantuan dari Pemerintah Pusat dan Pemprov Jateng. Dari data yang berhasil dihimpun Pantura, dana pusat yang mengalir untuk proyek pengendalian abrasi di Kecamatan Sarang pada 2007 saja, besarnya mencapai Rp 4 miliar.

Tak kurang dari 400 meter talut di sepanjang pantai Desa Sendangmulyo, telah dibangun dari dana tersebut. Kabarnya, pada 2008 lalu, Pemerintah Pusat juga memberikan bantuan proyek talut Off Shore sepanjang kurang lebih 500 meter.

Sampai saat ini pengerjaan Talut Off Shore tersebut masih terus dilakukan. Diharapkan, pengerjaan proyek tersebut dapat segera kelar. Sehingga, abrasi yang terjadi di Kecamatan sarang dapat segera ditangani.

Comments

Popular posts from this blog

Sayyid Hamzah as-Syato, Penyebar Islam di Sedan

Segarnya Siwalan dan Legen Sulang

Jual Mukena Shalat Berkualitas