Distanhut Targetkan Akseptor IB Meningkat

Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Rembang  menargetkan populasi ternak sapi melalui inseminasi buatan (IB) tahun 2012 sebanyak 65.000 ekor atau meningkat 5 % dari tahun sebelumnya yang mencapai 55.000 ekor.

Kepala Bidang peternakan pada Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Rembang, Derev Neti Nursiswanti mengatakan, populasi ternak sapi di wilayah Kabupaten Rembang hingga akhir tahun 2011 sekitar 152.680 ekor dengan betina produktif sekitar 90 ribuan ekor.

"Diharapkan tahun ini populasi ternak melalui inseminasi buatan akan dapat meningkat sesuai target. Pasalnya, kecenderungan masyarakat memilih IB daripada kawin alami semakin banyak," katanya, pekan lalu.

Beberapa kendala yang masih dijumpai, tambahnya, di  beberapa daerah terpencil, teknologi  IB oleh petani masih belum terjangkau sehingga mereka masih memilih perkawinan alami.

"IB memiliki banyak kelebihan karena  benih yang diinseminasikan jelas lebih berkualitas  dan berasal dari induk pilihan. Sedangkan kawin alami ini bisa berdampak mengganggu kesehatan sapi jantan induk. Apabila sapi jantan induk sering untuk kawin bisa mudah tertular penyakit yang dapat membahyakan kelangsungan hidup pejantan tersebut," tambahnya

Diharapakan, meningkatnya kesadaran masyarakat  untuk menggunakan teknologi IB akan mendorong meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan petani peternak lantaran harga anakan sapi hasil IB yang lebih bagus di pasaran.

Selama ini, Kabupaten Rembang tercatat dalam empat besar populasi ternak di Jawa Tengah disamping Kabupaten Blora, Purwodadi dan Wonogiri. "Dengan meningkatnya akseptor IB, maka populasi ternak di

Comments

Popular posts from this blog

Sayyid Hamzah as-Syato, Penyebar Islam di Sedan

Jual Mukena Shalat Berkualitas

Segarnya Siwalan dan Legen Sulang