Sedia Lilin Sebelum Byar-Pet

Musim penghujan kerap menimbulkan gangguan pada jaringan listrik yang berujung pada pemadaman. Karenanya, masyarakat harus bijaksana menyikapi kondisi tersebut agar tidak repot sendiri.

Sebagai langkah antisipasi, sudah sepatutnya warga menyediakan lilin atau lampu alternatif yang siap digunakan jika sewaktu-waktu listrik padam. Jika tidak, bersiaplah untuk bergelap-gelapan jika listrik tiba-tiba padam.

Manajer PT PLN UPJ Rembang, Muji Supraptono mengakui, pada musim penghujan, kondisi alam sangat mudah memicu terjadinya gangguan yang mengakibatkan listrik padam.

"Musim penghujan, potensi gangguan terhadap jaringan ini cukup besar, terutama pohon yang berada di dekat kabel listrik. Karenanya kami telah mengerahkan semua jajaran untuk melakukan penebangan dahan dan ranting yang jaraknya dekat dengan jaringan kanel listrik," katanya, pekan lalu.

Ia menambahkan, sesuai standar, jarak antara dahan pohon dengan kabel listrik minimal 2,5 meter, sehingga ketika terjadi tiupan angin tidak akan menempel.

"Untuk pohon yang berada kurang  dari radius tersebut telah kami lakukan pemotongan untuk menghindari gangguan," tambahnya.

Muji juga menambahkan, pihaknya sangat berharap kepada masyarakat yang memiliki pohon yang jaraknya dekat dengan jaringan listrik untuk ikut berpartisipasi melakukan penebangan pada dahan atau ranting pada pohon tersebut secara swadaya.

"Kalau tidak, segera melapor ke petugas PLN jika mengetahui atau memiliki pohon yang dahan dan rantingnya sangat dekat dengan jaringan kabel listrik. (Rom)

Comments

Popular posts from this blog

Sayyid Hamzah as-Syato, Penyebar Islam di Sedan

Jual Mukena Shalat Berkualitas

Segarnya Siwalan dan Legen Sulang