12 Lampu Penerangan Jalan Segera Dipasang di Pantura

12 lampu penerangan jalan segera dipasang di jalur Pantura. Hal tersebut dilakukan untuk menekan angka kecelakaan di jalur Pantura yang salah satu penyebabnya karena kondisi jalan yang gelap lantaran minimnya penerangan jalan di sejumlah titik rawan.

Kepala Satuan Lalulintas Polres Rembang, AKP Dudi Pramudya mengatakan, sebagian besar ruas jalur Pantura yang kondisinya gelap kerap mengakibatkan terjadinya kecelakaan dan tindak kejahatan.

"Diharapkan, dengan pemasangan lampu penerangan tersebut dapat meminimalisir angka kecelakaan di jalur Pantura sekaligus menekan tindak kejahatan," tegasnya.

Ia menamabahkan, 12 lampu penerangan berasal dari Dishubkominfo Provinsi Jateng untuk anggaran tahun 2012.

"Rencananya lampu tersebut akan dipasang di sejumlah titik rawan kecelakan dan rawan kejahatan sepanjang Kaliori-Sarang. Namun karena jumlahnya terbatas, sementara pemasnagan akan dilakukan di Kecamatan Kaliori sebanyak 4 unit, Sluke 2 unit, Kragan 4 unit dan Sarang 2 unit," tambahnya.

Menurutnya, beberapa pristiwa kecelakaan lalulintas di jalur pantura Rembang, selain disebabkan human error (kesalahan manusia) juga dipicu beberapa kendala teknis baik infrastruktur jalan maupun penerangan jalan.

"Diharapkan kedepannya semakin banyak lampu penerangan jalan yang terpasang sehingga jalur Pantura semakin terang benderang sehingga dapat berdampak pada turunnya angka kecelakaan," tandasnya.

Ditambahkan, upaya lain untuk menekan angka kecelakaan di jalur pantura yakni dengan pemasangan kaca cembung di tikungan Desa Bonang Kecamatan Lasem.

"Idealnya di lokasi tersebut dipasang dua cermin cembung karena tikungan tersebut berbentuk Z. Namun karena keterbatasan anggaran, baru terealisasi satu cermin," pungkasnya. (rom)

Comments

Popular posts from this blog

Sayyid Hamzah as-Syato, Penyebar Islam di Sedan

Segarnya Siwalan dan Legen Sulang

Jual Mukena Shalat Berkualitas