Pemkab Tambah Satu Mobil Damkar

Pemerintah Kabupaten Rembang tahun 2012 berencana akan menambah satu armada mobil pemadam kebakaran (Damkar). Sebelumnya pemkab setempat baru memiliki 3 unit mobil damkar, sehingga dirasa masih sangat kurang untuk melakukan respon cepat apabila terjadi kebakaran.

Kepala Seksi Pemadam Kebakaran dan Drainase pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Rembang, Koesnin, mengatakan, penambahan satu armada diharapkan dapat meningkatkan kinerja  petugas sekaligus mempercepat proses Pemadaman kebakaran.

"Armada Damkar yang ada masing sangat kurang. Idealnya, mobil Damkar minimal ada 5 buah dan penempatannya tersebar di lima eks kawedanan di Kabupaten Rembang yakni Rembang Kota, Kragan, Pamotan, Sulang, dan Lasem. Masing-masing Damkar harus dilengkapi dengan 2 kendaraan tangki air dan Suplai air yang memadai," katanya, pekan lalu.


Ia menambahkan, selain mobil Damkar, beberapa kelengkapan pemadaman seperti  baju tahan api dan alat bantu pernafasan, juga mendesak untuk segera dilengkapi.

"Kita sudah mengusulkannya, namun karena keterbatasan anggaran kebutuhan kelengkapan alat tersebut belum bisa terealisasi," tambahnya.

Harga satu set baju tahan api diperkiraklan mencapai Rp12,5 juta. Sementara harga alat bantu pernafasan mencapai harga Rp25 juta lebih. Saat ini petugas pemdam berjumlah 7 personel dibantu tenaga kebersihan dan driver sampah .

Tercatat pada tahun 2011 terjadi peningkatan jumlah kasus kebakaran dibanding tahun 2010. Tahun 2011 terjadi 27 kejadian kebakaran meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 18 kejadian.
"Penyebab kebakaran sebagian besar karena hubungan arus pendek dan kelalaian (human Error)," pungkasnya. (rom).

Comments

Popular posts from this blog

Sayyid Hamzah as-Syato, Penyebar Islam di Sedan

Segarnya Siwalan dan Legen Sulang

Jual Mukena Shalat Berkualitas