Siswa MTS N Sulang Praktekkan Ibadah Qurban

Idul Adha merupakan momentum tepat untuk menumbuh suburkan jiwa kesetiakawanan dan solidaritas terhadap sesama. Salah satu ritual yang sangat dianjurkan pada hari Idul Adha tersebut adalah menyembelih hewan qurban dan mendermakannya kepada fakir miskin serta para duafa.

Memaknai Hari Raya Idul Adha 1430 H, MTS Negeri Sulang melakukan pemotongan empat ekor kambing hewan qurban (28/11). Pemotongan hewan qurban tersebut merupakan kegiatan praktik ibadah bagi siswa dengan tujuan agar mereka dapat mempraktekkan pengetahuan tentang qurban serta berlatih berqurban sebagai upaya untuk lebih mendekatkan diri pada sang pencipta.

Pelaksanaan praktek ibadah Qurban di MTSN Sulang tidak dilaksanakan tepat pada tanggal 10 Dzulhijjah (Yaumun Nahr) seperti yang biasa dilakukan di tempat-tempat lain. Panitia memilih tanggal 11 Dzulhijjah (Yaumu Tasrik) sebagai hari penyembelihan dengan pertimbangan karena pada hari tersebut semua siswa sudah kembali belajar di sekolah sehingga mereka bisa lebih memahami bagaimana praktik berqurban dapat dilakukan dengan baik dan benar seperti yang disyariaatkan.

Damari S.Ag, Waka Humas MTSN Sulang mengatakan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban merupakan kegiatan praktik ibadah yang sumber dananya berasal dari iuran para guru, karyawan serta partisipasi siswa.

"Pemotongan hewan qurban merupakan kegiatan praktik ibadah yang dananya diperoleh dari sumbangan para guru, karyawan serta partisipasi siwa. Dengan kegiatan ini, diharapakan siswa bisa lebih memahami makna dan tata cara berqurban sehingga mereka dapat dapat menyerap pesan-pesan moral yang terkandung dalam peringatan Idul Adha, " ungkap Damari. S.Ag.

Kepala Sekolah MTS N Sulang, Srianto S.Pd kepada Pantura mengatakan, kegiatan penyembelihan hewan qurban selain sebagai bentuk kegiatan praktik ibadah yang diperuntukkan bagi siswa, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian dikalangan siswa terhadap sesama utamanya kepada para duafa.

"Ini untuk menumbuhkan rasa kepedulian siswa dan kita semua kepada sesama. Dengan membagi sedikit rejeki berupa daging sembelihan qurban kepada masyarakat, kami berharap rasa kepedulian akan tumbuh subur dihati siswa," terang Srianto.

Comments

Popular posts from this blog

Sayyid Hamzah as-Syato, Penyebar Islam di Sedan

Segarnya Siwalan dan Legen Sulang

Jual Mukena Shalat Berkualitas