Jamaah Calhaj Bulu Diberangkatkan dari Ponpes Hamdalah Kemadu

Sebanyak 23 calon haji asal kecamatan Bulu, dilepas Muspika Bulu dari Ponpes Hamdalah Kemadu yang diasuh Bu Nyai Hj Syahid (16/11). Pelepasan jamaah calon haji dari komplek Ponpes Hamdalah tersebut seakan melestarikan tradisi yang telah berlangsung lama yakni sejak semasa  KH Syahid masih hidup.

Meski sang Kyai sudah berpulang ke hariabaan Ilahi, tradisi tersebut masih terjaga hingga sekarang. Keinginan untuk diberangkatkan dari komplek Ponpes Hamdalah, merupakan keinginan bersama para jamaah calon haji.

Panitia pelaksana dari Depag dan Muspika setempat hanya tut wuri saja karena selain bertujuan ngalap barokah dari sang kyai, Ponpes Kemadu juga merupakan lokasi paling mudah dijangkau oleh para calon haji asal Bulu yang tersebar dari berbagai titik yang berjauhan.

Karenanya, pengkonsentrasian jamah calhaj di Ponpes tersebut lebih memudahkan petugas dalam mengkoordinir segala sesuatu terkait pemberangkatan. Selain itu, para jamaah calhaj juga merasa nyaman jika diberangkatakan dari Pondok Kemadu dengan alasan berharap luberan berkah dari Mbah Syahid juga Bu Nyai.

Selanjutnya, ke23 calhaj asal Bulu tersebut bertolak ke Masjid Jami’ Sulang untuk bergabung dengan 20 jamaah calhaj asal Kecamatan Sulang yang dilepas oleh Muspika setempat dari serambi masjid tersebut.

Camat Sulang, Sukis Sutarto mewakili muspika Sulang dalam sambutanya hanya dapat mendoakan semoga para jamaah calhaj diberikan kesehatan sehingga dapat meaksanakan syarat dan rukun haji dengan sebaik-baiknya dan akhirnya menjadi haji yang mabrur.

“Tak ada yang lebih pantas selain doa tulus kami semoga jamaah calhaj mendapatkan kesehatan, keselamatan dan kemudahan dari Allah selama melaksanakaan rukun Islam yang ke lima di tanah suci, sehingga dapat kembali ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji mabrur,’ ucap Sukis Sutarto.

Dalam pelepasan tersebut, ratusan keluarga pengantar jamaah calhaj tampak khidmat mengikuti prosesi pemberangkatan. Meski terjadi penumpukan masa dengan jumlah sangat besar, pemberangkatan yang dilakukan tepat pukul 07,00 Wib tersebut berlangsung lancar.

Tampak beberapa puluhan keamanan dari Polsek dan Koramil Sulang yang sibuk mengatur lalu lintas dan mengamanakan jalannya pemebrangkatan jamaah calahaj asal Bulu dan Sulang tersebut menuju Rembang untuk dilepas Bupati Rembang. (Rom)

Comments

  1. iwan sniffchulapiz21 July 2010 at 22:34

    Kang Tarom ini alumni Ponpesnya Mbah Syahid juga yaa?

    ReplyDelete
  2. kang Iwan, kalo mondok di situ gak juga... tapi kebetulan dulu sering sowan aja, plus sangat mengagumi Beliau...Jenengan juga?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sayyid Hamzah as-Syato, Penyebar Islam di Sedan

Segarnya Siwalan dan Legen Sulang

Jual Mukena Shalat Berkualitas